Tampang

Awan Lokal Tumbuh, Suhu Minimum di Bandung Mulai Naik Lagi

25 Jul 2024 07:54 wib. 83
0 0
Awan Lokal Tumbuh, Suhu Minimum di Bandung Mulai Naik Lagi
Sumber foto: google

Suhu udara di Bandung, Jawa Barat, mulai mengalami kenaikan sejak seminggu terakhir. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca cerah berawan di wilayah Jawa Barat, termasuk Bandung Raya, pada 24-26 Juli 2024. Meskipun demikian, potensi hujan ringan dalam skala lokal dan angin kencang masih berpotensi terjadi di beberapa daerah, demikian disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 24 Juli 2024.

Hasil observasi dinamika cuaca pada skala regional yang dilakukan oleh BMKG menunjukkan adanya anomali suhu permukaan air laut di perairan wilayah Jawa Barat yang sedikit lebih hangat dari biasanya. Kondisi ini menjadikan faktor pendorong pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal.

Analisis pola angin juga menunjukkan dominasi angin timuran atau monsun Australia di wilayah Bandung Raya, yang membawa massa udara dingin dan kering. Secara umum, angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan berkisar 5-20 kilometer per jam.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?