Tampang

Amnesty Internasional Desak Pemerintah dan Komnas HAM Usut Penembakan 3 Warga Kampung Karubate Papua

20 Jul 2024 20:29 wib. 119
0 0
Ilustrasi penembakan
Sumber foto: website

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengutuk keras kasus penembakan yang menewaskan tiga warga sipil di Kampung Karubate, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Usman menegaskan tindakan anggota TNI tersebut tidak dapat dibenarkan dan harus segera diusut.

"Harus diusut tuntas. Apalagi ini terjadi di tengah pemukiman warga," kata Usman dalam keterangan tertulis, Jumat, 19 Juli 2024. Usman mengatakan penembakan tiga warga Kampung Karubate merupakan bentuk pembunuhan di luar hukum yang melanggar prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM). Dia pun menyebut tindakan itu mencerminkan kegagalan pemerintah. Sebab, selama ini pemerintah kerap mengambil pendekatan keamanan dalam menangani konflik di Tanah Papua.

Alih-alih menciptakan perdamaian dan keamanan, kata Usman, pendekatan keamanan justru menimbulkan ketakutan dan trauma bagi masyarakat sipil Papua. "Tindakan kekerasan seperti ini hanya akan menambah penderitaan rakyat Papua dan semakin memperburuk ketidakpercayaan terhadap aparat keamanan dan pemerintah," kata Usman.

Usman mengingatkan pendekatan militeristik tidak akan mampu menyelesaikan akar permasalahan konflik di Tanah Papua. Solusi yang dibutuhkan adalah penyelesaian hak-hak dasar masyarakat Papua, antara lain ketidakadilan sosial, ekonomi, dan politik yang masih terjadi hingga saat ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi
0 Suka, 0 Komentar, 19 Mar 2022

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?