Tampang

Ada Gelombang Kelvin-Siklon Tropis Bebinca, Waspadai Cuaca RI Sepekan

18 Sep 2024 05:09 wib. 40
0 0
Ada Gelombang Kelvin-Siklon Tropis Bebinca, Waspadai Cuaca RI Sepekan
Sumber foto: iStock

Di sisi lain, wilayah Indonesia bagian tengah, mulai dari Jawa Timur hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Kalimantan, menghadapi kondisi yang lebih kering dengan minim pembentukan awan hujan. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Siklon Tropis Bebinca yang memengaruhi pola angin di wilayah tersebut. Siklon ini menarik massa udara ke pusat sistemnya, mengakibatkan berkurangnya uap air di Kalimantan dan menurunkan potensi hujan di wilayah tersebut.

Dampak dari kondisi ini adalah peningkatan potensi kebakaran hutan dan lahan. Berkurangnya curah hujan di Kalimantan meningkatkan potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. BMKG menekankan bahwa secara keseluruhan, cuaca di Indonesia saat ini memperlihatkan variasi yang cukup ekstrem di berbagai wilayah. Hal ini mencerminkan pengaruh kompleks dari dinamika atmosfer global dan regional.

BMKG juga memberikan informasi terkait dinamika atmosfer terkini, dimana nilai IOD, SOI, dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. Fenomena MJO diprediksi aktif di wilayah Western Pasific (fase 6) di luar wilayah Indonesia. Analisis mengenai OLR dan aktivitas gelombang ekuator Rossby menunjukkan aktivitas yang terprediksi hingga seminggu ke depan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian Utara, dan Maluku Utara. Sementara itu, gelombang atmosfer Kelvin diprediksi aktif di beberapa wilayah di Indonesia pada 19-22 September 2024.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?