Tampang

Tradisi dan Kebudayaan Tiongkok: Dari Festival Musim Semi hingga Opera Beijing

19 Jul 2024 16:56 wib. 119
0 0
Tradisi dan Kebudayaan Tiongkok: Dari Festival Musim Semi hingga Opera Beijing
Sumber foto: google

Tiongkok, dengan sejarah yang membentang lebih dari 5.000 tahun, memiliki tradisi dan kebudayaan yang kaya dan beragam. Dari perayaan besar seperti Festival Musim Semi hingga seni pertunjukan klasik seperti Opera Beijing, kebudayaan Tiongkok menawarkan berbagai pengalaman yang menarik dan mendalam. Artikel ini akan membahas beberapa aspek penting dari tradisi dan kebudayaan Tiongkok yang wajib diketahui.

 Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek)

Festival Musim Semi, yang dikenal juga sebagai Tahun Baru Imlek, adalah perayaan terpenting dalam kalender Tiongkok. Dirayakan pada hari pertama bulan pertama menurut kalender lunar Tiongkok, festival ini menandai awal tahun baru dan merupakan waktu untuk reuni keluarga, makan bersama, dan berbagai kegiatan tradisional.

Selama Festival Musim Semi, rumah-rumah dihiasi dengan dekorasi berwarna merah, termasuk lentera, kuplet, dan potongan kertas dengan karakter keberuntungan. Makanan khas seperti kue keranjang, dumpling, dan ikan disajikan sebagai simbol keberuntungan dan kelimpahan. Kembang api dan petasan juga dimainkan untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Puncak dari Festival Musim Semi adalah Cap Go Meh, yang dirayakan pada hari ke-15 dengan Pesta Lampion. Pada malam hari, orang-orang membawa lentera berwarna-warni dan mengadakan parade yang meriah, menandai berakhirnya perayaan tahun baru.

 Festival Perahu Naga

Festival Perahu Naga dirayakan pada hari kelima bulan kelima menurut kalender lunar Tiongkok. Festival ini memperingati kematian Qu Yuan, seorang penyair patriotik dari periode Negara Berperang. Untuk menghormatinya, orang-orang mengadakan perlombaan perahu naga dan menikmati zongzi, yaitu ketan yang dibungkus daun bambu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?