Tampang

Peningkatan Jumlah Jemaah Haji Meninggal Saat Musim Panas di Arab Saudi

24 Jun 2024 15:37 wib. 174
0 0
Musim Panas di Arab Saudi
Sumber foto: Goggle

 Pada ibadah haji tahun ini, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia telah mencapai lebih dari 1.000 orang. Mayoritas korban adalah jemaah tidak terdaftar yang melaksanakan ibadah haji di tengah kondisi cuaca ekstrem yang sangat panas di Arab Saudi.

Menurut laporan dari CNA, pada Kamis dilaporkan sebanyak 58 kematian baru berasal dari Mesir, dimana mayoritas dari 658 jemaah Mesir yang meninggal adalah jemaah tidak terdaftar. Data dari sekitar 10 negara menunjukkan total 1.081 kematian selama ibadah haji, salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh semua Muslim setidaknya sekali seumur hidup.

Ibadah haji tahun ini berlangsung pada musim panas di Arab Saudi, dengan suhu mencapai 51,8 derajat Celsius di Masjidil Haram di Mekkah, menurut laporan Pusat Meteorologi Nasional. Penelitian yang diterbitkan bulan lalu di Saudi mengungkapkan bahwa suhu panas di wilayah tersebut meningkat 0,4 derajat Celsius setiap dekade, memperburuk kondisi ekstrem yang dialami para jemaah haji.

Selain itu, setiap tahun, puluhan ribu jemaah mencoba untuk menunaikan ibadah haji tanpa izin resmi karena tidak mampu membayar biaya izin yang mahal. Pihak berwenang Saudi melaporkan telah mengusir ratusan ribu jemaah haji yang tidak memiliki izin resmi, namun masih banyak yang mencoba menunaikan ibadah haji secara ilegal. Hal ini menimbulkan berbagai risiko termasuk keselamatan jemaah haji itu sendiri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.