Tampang

Mesir Tuntut 16 Agen Perjalanan yang Fasilitasi Haji Ilegal

24 Jun 2024 12:21 wib. 204
0 0
Jemaah Haji
Sumber foto: Goggle

Ibadah Haji sendiri merupakan salah satu dari rukan Islam, di mana semua umat Muslim harus melakukannya setidaknya sekali dalam hidupnya jika mampu secara fisik dan finansial.

Pejabat Arab Saudi mengungkapkan sebanyak 1,8 juta jemaah Haji ambil bagian dalam Ibadah Haji tahun ini, sama seperti tahun lalu.

Selain itu, sebanyak 1,6 juta jemaah tersebut datang dari luar negeri..Instruksi tambahan: 

Jemaah haji yang berkumpul di Jabal Rahmah di Padang Arafah, dekat kota Makkah, Arab Saudi, pada Sabtu (15/6/2024) harus berhadapan dengan tragedi yang tak terduga. Pada hari tersebut, ratusan jemaah haji dari Mesir meninggal akibat suhu panas ekstrem, menciptakan kegusaran yang mendalam di negara tersebut. Akibat tragedi tersebut, pemerintah Mesir mengambil tindakan tegas dengan memerintahkan pencabutan lisensi bagi 16 perusahaan agen perjalanan serta menuntut manajer-manajer perusahaan tersebut ke pengadilan.

Keputusan ini diambil karena perusahaan-perusahaan tersebut diduga memfasilitasi perjalanan haji ilegal ke Mekah. Tragedi tersebut juga membuat sejumlah negara melaporkan lebih 1.100 kematian jemaah haji akibat cuaca ekstrem saat ibadah haji tahun ini. Menyikapi situasi ini, pemerintah Mesir menegaskan bahwa hanya 28 orang dari 658 jemaah haji Mesir yang meninggal merupakan jemaah haji resmi, sementara 630 orang lainnya tidak terdaftar sebagai jemaah haji.

Pernyataan resmi dari kabinet Mesir yang dilansir dari The Guardian menyatakan bahwa pemerintah telah memerintahkan pencabutan izin perusahaan-perusahaan tersebut, menuntut manajer-manajer mereka ke pengadilan, dan memberikan denda kepada keluarga jemaah yang meninggal akibat perbuatan mereka. Lebih lanjut, kabinet Mesir juga menunjukkan bahwa peningkatan kematian jemaah haji Mesir yang tidak terdaftar berkaitan dengan perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan program haji menggunakan visa kunjungan pribadi yang mencegah mereka memasuki Mekah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.