Tampang

Gelombang Panas Mematikan: 24 Orang Tewas di India

1 Jun 2024 13:06 wib. 225
0 0
Gelombang Panas Mematikan di India
Sumber foto: google

Sekitar 24 orang dilaporkan tewas akibat gelombang panas yang melanda wilayah selatan India, khususnya di negara bagian Bihar dan Odisha pada Kamis (30/5). Pihak berwenang Bihar melaporkan bahwa total 14 orang tewas diduga akibat dampak dari gelombang panas. Dari jumlah tersebut, 10 orang diketahui terlibat dalam kegiatan pemilihan umum di negara tersebut yang sedang dilaksanakan secara bertahap mulai April hingga Juni.

Pada akhir pekan yang sama, pihak berwenang Odisha juga melaporkan bahwa 10 orang telah meninggal akibat suhu panas yang ekstrem. Dampaknya sangat serius sehingga pemerintah daerah Odisha mengimbau warganya untuk tidak keluar rumah antara pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat demi menghindari dampak buruk dari suhu yang tidak stabil.

Selain itu, berbagai wilayah di India saat ini sedang dilanda suhu panas yang ekstrem. Ibu kota India, Delhi, bahkan mencatat suhu tertinggi sebesar 52,9 derajat Celsius di pekan ini. Kondisi ini juga berdampak pada hewan-hewan seperti monyet dan burung yang ikut terkena dampak gelombang panas yang melanda kota tersebut.

Badan Meteorologi India (IMD) bahkan telah memperingatkan bahwa gelombang panas akan terus melanda wilayah timur India hingga dua hari ke depan. Perkiraan mereka menunjukkan bahwa suhu akan meningkat sekitar 4,5 hingga 6,4 derajat Celsius dari rata-rata biasanya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%