Tampang

Film G30S/PKI Diizinkan Tayang Lagi, Begini Komentar Sejarawan

18 Sep 2017 20:21 wib. 3.276
0 0
G 30 S PKI

Menanggapi hal tersebut, sejarawan Bonnie Triyana menilai Film G 30 S/ PKI bukanlah merupakan film sejarah. Sebab menurutnya, sejumlah adegan dalam film arahan Sutradara Arifin C Noer itu menurutnya tak sesuai dengan fakta-fakta.

"Di beberapa adegan tidak faktual. Ada beberapa ketidaksesuaian peristiwa sejarah," kata Bonnie yang tengah berada di Belanda seperti yang dilansir dari detik.com.

Ia menanggapi rencana TNI Angkatan Darat menggelar acara nonton bareng film tersebut untuk lingkungan internal mereka. Film tersebut pertama kali beredar pada 1984 dan pernah menjadi tontotan wajib bagi seluruh pelajar di Indonesia. Film itu lalu diputar setiap 30 September di televisi kemudian dihentikan begitu memasuki era reformasi.

Bonnie memberikan adegan yang dianggap tak faktual antara lain adegan tujuh jenderal yang disika di daerah Lubang Buaya. Film itu menggambarkan penyiksaan oleh Gerwani. Namun hasil visum yang dilakukan oleh tim dokter menunjukkan bahwa tidak ada penyiksaan berupa pencungkilan mata, penyiletan, hingga pemotongan alat kelamin.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tampil Cantik Dengan Daun Nangka
0 Suka, 0 Komentar, 28 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?