Tampang

Biden Menuduh Hamas Sebagai Biang Kerok Negosiasi Gencatan Senjata Gaza yang Mandek

5 Jun 2024 05:08 wib. 31
0 0
Biden Menuduh Hamas Sebagai Biang Kerok Negosiasi Gencatan Senjata Gaza yang Mandek
Sumber foto: google

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyalahkan kelompok perlawanan Hamas sebagai penghalang dalam proses negosiasi gencatan senjata Gaza. Pernyataan tersebut disampaikan Biden dalam rilis resmi Gedung Putih terkait perbincangannya dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani pada Senin (3/6). Menurut rilis tersebut, Biden menegaskan bahwa saat ini Hamas menjadi satu-satunya penghambat dalam upaya mencapai gencatan senjata sepenuhnya. Selain itu, Biden juga menekankan kesiapan Israel untuk melanjutkan proses negosiasi.

Pihak Qatar juga mengonfirmasi percakapan telepon antara Biden dan Tamim, di mana keduanya membahas upaya mencapai gencatan senjata permanen dan situasi terkini di Gaza. Qatar, AS, dan Mesir telah memainkan peran penting dalam mendamaikan negosiasi antara Israel dan Hamas.

Selama ini, proses negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas selalu mengalami hambatan dan seringkali berakhir tanpa hasil. Beberapa topik yang menjadi perdebatan antara kedua belah pihak antara lain adalah pertukaran sandera/tawanan serta pembahasan terkait gencatan senjata permanen.

AS baru-baru ini mengusulkan rencana gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Rencana tersebut mencakup pertukaran tawanan Israel dengan tahanan Palestina, evakuasi pasukan Israel dari Gaza, serta pembangunan kembali daerah yang hancur akibat serangan pasukan Zionis. Namun, usulan tersebut tidak mencakup pemeliharaan kekuasaan Hamas di Gaza, sebuah konsep yang selalu ditolak oleh kelompok tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%