Tampang

AS Salah Perhitungan dengan Iran, Ingatkan Kejadian 44 Tahun Lalu

27 Apr 2024 10:20 wib. 49
0 0
Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei

Pada saat yang sama, pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Khomeini, menyebut kegagalan operasi tersebut sebagai campur tangan Tuhan, yang kemudian memperkuat propaganda negatif terhadap AS di mata rakyat Iran. Peristiwa ini juga memberikan pelajaran berharga bagi AS tentang betapa sulitnya mencari solusi keamanan di kawasan Timur Tengah tanpa memicu konflik yang berkepanjangan.

Selain itu, kegagalan operasi ini juga mempermalukan AS di mata rakyat dunia. Sebagai negara adidaya yang ingin menunjukkan keunggulannya dalam urusan militer, kegagalan tersebut menjadi bukti bahwa tidak semua tindakan kekerasan dapat menghasilkan kemenangan. Hal ini juga menjadikan AS sebagai perhatian internasional, bukan hanya dari sudut pandang kegagalan militer, tetapi juga kegagalan kebijakan luar negeri.

Peristiwa kegagalan operasi di Gurun Tabas juga menggambarkan bagaimana intervensi AS dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan dalam politik luar negeri. Kekhilafan AS dalam mengambil langkah militer juga menjadi pelajaran bagi negara-negara lain di dunia, terutama dalam konteks hubungan internasional yang sensitif.

Hal ini membuka diskusi tentang perlunya pendekatan diplomasi yang lebih bijaksana dalam memecahkan konflik internasional Dengan mengkaji kejadian tersebut, negara-negara dan pihak terkait dapat belajar dari kesalahan masa lalu untuk mengarahkan kebijakan luar negeri yang lebih efektif dan berkelanjutan. Selain itu, kegagalan tersebut juga menjadi momentum penting untuk mendorong upaya perdamaian dan kerja sama internasional.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Inilah Tiga Faktor Ekonomi RI Masih Kuat
0 Suka, 0 Komentar, 30 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?