Tampang

Arab Saudi dan Yordania Blak-blakan Akui Bela Israel Ketimbang Iran

25 Apr 2024 12:29 wib. 33
0 0
Arab Saudi dan Yordania Blak-blakan Akui Bela Israel Ketimbang Iran
Sumber foto: google

Arab Saudi secara terbuka mengakui keterlibatannya dalam membantu koalisi militer regional yang baru dibentuk dalam membela Israel dari serangan Iran. Pernyataan tersebut merujuk pada laporan KAN News yang merinci partisipasi Arab Saudi dalam operasi pertahanan militer gabungan, yang berhasil menggagalkan serangan Iran terhadap Israel.

Arab Saudi, yang dipimpin oleh Raja Salman, telah menunjukkan semangat untuk memperbaiki hubungan dengan Israel, bahkan meskipun belum melakukan normalisasi formal seperti yang dilakukan oleh Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan. Sikap ini menjadi semakin jelas ketika Arab Saudi mulai memperlihatkan tanda-tanda ingin memperbaiki hubungan dengan Israel dengan mendukung rencana perdamaian di Timur Tengah yang diusung oleh AS dan Israel.

Sementara itu, Yordania, negara yang berbatasan langsung dengan Israel, juga tidak ragu dalam mengungkapkan sikapnya terhadap hubungan dengan Israel. Raja Abdullah II dari Yordania secara terbuka telah menyatakan keterbukaan untuk memperbaiki hubungan dengan Israel, bahkan sebelum normalisasi hubungan dengan Israel oleh negara-negara lain di wilayah tersebut.

Menurut laporan tersebut, 99 persen drone dan rudal Iran dicegat dan dinetralisir sebelum mencapai target yang diinginkan. Khususnya, banyak dari proyektil musuh ini telah melintasi wilayah udara Yordania dan Saudi dalam perjalanan menuju Israel. Meskipun Yordania telah secara terbuka mengungkapkan perannya dalam manuver pertahanan tersebut, pengakuan Arab Saudi datang dalam bentuk ringkasan di situs resminya, mengutip wawasan dari sumber di keluarga kerajaan Saudi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?