Tampang

Macam-macam Perusahaan BUMN: Ragam Keberagaman Usaha Negara

14 Apr 2024 18:01 wib. 47
0 0
Perusahaan BUMN

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. BUMN memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah. Dalam perkembangannya, BUMN telah berkembang dan terdiversifikasi menjadi berbagai macam jenis usaha yang mendukung berbagai sektor di Indonesia.

Dalam kategori BUMN, terdapat beragam jenis perusahaan yang melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di sektor energi dan sumber daya alam. Perusahaan BUMN di sektor ini memiliki peran dalam penyediaan energi dan pengelolaan sumber daya alam seperti PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan PT PGN (Persero). PT Pertamina (Persero) berperan dalam sektor migas, sementara PT PLN (Persero) adalah perusahaan listrik yang menyediakan layanan listrik di seluruh Indonesia, dan PT PGN (Persero) bergerak di sektor gas.

Selain itu, perusahaan BUMN juga merambah ke sektor transportasi dan infrastruktur. PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah contoh perusahaan BUMN yang bergerak di sektor transportasi dan infrastruktur. PT Angkasa Pura I (Persero) berperan dalam pengelolaan bandara di wilayah Indonesia bagian barat, sementara PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan kereta api yang menghubungkan berbagai kota di Indonesia.

Tidak hanya itu, BUMN juga memiliki peran dalam sektor keuangan dan jasa. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk adalah contoh perusahaan BUMN di sektor keuangan dan jasa. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan perbankan, sementara PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ingin Hidup Bahagia, Lakukan Hal Ini
0 Suka, 0 Komentar, 23 Nov 2017
Terungkap: Jenis Sel Otak Baru!
0 Suka, 0 Komentar, 23 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?