Tampang

Benarkah Coklat Bisa Menaikan Mood Kita ? Ini Alasannya

23 Apr 2024 12:23 wib. 44
0 0
Coklat
Sumber foto: pinterest

Coklat sering dikaitkan dengan perasaan bahagia dan kepuasan. Banyak orang merasa bahwa makan coklat dapat meningkatkan mood mereka. Namun, apakah benar coklat bisa menaikan mood kita? Dan apa alasannya?

Sebenarnya, ada beberapa alasan ilmiah mengapa coklat bisa meningkatkan mood seseorang. Pertama-tama, coklat mengandung senyawa kimia bernama phenylethylamine (PEA). Senyawa ini secara alami diproduksi oleh otak kita ketika kita jatuh cinta. PEA diketahui dapat merangsang otak untuk melepaskan endorfin, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perasaan bahagia dan kenyamanan. Oleh karena itu, konsumsi coklat dapat memicu pelepasan endorfin di dalam tubuh, yang akhirnya dapat meningkatkan mood seseorang.

Selain itu, coklat juga mengandung triptofan, satu jenis asam amino yang diperlukan untuk pembentukan serotonin dalam otak. Serotonin dikenal sebagai neurotransmitter yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan kenyamanan. Dengan demikian, konsumsi coklat juga dapat membantu meningkatkan produksi serotonin di dalam otak, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi mood seseorang secara positif.

Tidak hanya itu, coklat juga mengandung teobromin, sejenis bahan kimia alami yang dapat memberikan efek menenangkan dan merangsang. Teobromin dapat membantu melepaskan dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan perasaan senang dan motivasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?