Tampang

Kasus Bunuh Diri di Kalangan Gen Z RI Naik, Ini Penyebabnya

12 Okt 2024 18:55 wib. 60
0 0
Kasus Bunuh Diri di Kalangan Gen Z RI Naik, Ini Penyebabnya
Sumber foto: iStock

Kasus bunuh diri di kalangan Gen Z di Indonesia semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Rentetan kasus tersebut termasuk di lingkungan kampus, memberikan kekhawatiran yang mendalam bagi masyarakat. Data dari kepolisian yang dikutip dari Pusiknas Polri mencatat bahwa antara Januari 2024 dan Agustus 2024 terdapat 849 kasus bunuh diri. Fakta ini menempatkan kasus bunuh diri sebagai gangguan ketertiban terbanyak keempat di Indonesia.

Menurut data tersebut, pelaku bunuh diri terbanyak berusia 26 hingga 45 tahun, mencakup 263 kasus. Sedangkan pelaku bunuh diri di bawah usia 17 tahun sebanyak 79 orang, dan di usia 17 hingga 25 tahun sebanyak 75 orang. Latar belakang pendidikan pelaku bunuh diri kebanyakan adalah lulusan SMA atau sederajat, yaitu sebanyak 137 orang atau 16,07 persen. Namun terdapat juga 67,84 persen pelaku bunuh diri dengan latar belakang pendidikan yang tidak diketahui.

Dalam mengaitkan fenomena ini dengan kehidupan manusia, Soeprapto, seorang Sosiolog Kriminalitas dan Dosen Purna UGM, menyatakan bahwa terdapat dua fenomena kekuatan pengaruh yang penting. Pertama, individu berpengaruh terhadap kelompok, dan kedua, kelompok mempengaruhi individu. Soeprapto juga menyoroti pengaruh label negatif yang diberikan oleh kelompok terhadap individu sebagai faktor yang turut memengaruhi perilaku bunuh diri.

Namun, Soeprapto menekankan bahwa fenomena ini tidak sesederhana itu. Dia menjelaskan bahwa pelaku bunuh diri umumnya melakukan tindakan tersebut karena merasa anomi, di mana mereka merasa terasing dan tidak mendapat dukungan dari lingkungan sekitarnya. Ini menjadikan mereka mencari jalan pintas untuk mengakhiri penderitaan mereka.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Percayalah Pada Penulis Skenario Terbaik!
0 Suka, 0 Komentar, 24 Feb 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.