Tampang

Jemaah Haji Indonesia Ditarget Kang Tipu di Arab, Harta Habis Terkuras

16 Jun 2024 17:18 wib. 57
0 0
Jemaah Haji Indonesia Ditarget Kang Tipu di Arab, Harta Habis Terkuras
Sumber foto: iStock

Setiap tahun, proses ibadah haji selalu menarik perhatian dengan cerita-cerita yang menggugah hati, namun tidak jarang pahit. Salah satu kisah kelam terjadi pada abad ke-19 dan 20, di mana banyak jemaah haji asal Indonesia menjadi korban penipuan orang-orang Arab hingga kehilangan habis harta mereka. 

Henry Chambert-loir dalam bukunya Naik Haji di Masa Silam: Kisah-Kisah Orang Indonesia Naik Haji 1482-1964 (2013) mengisahkan bahwa jemaah haji asal Indonesia pada masa itu seringkali menjadi mangsa penipuan oleh penduduk Arab. Keadaan ini dapat terjadi karena mayoritas dari mereka tidak menguasai bahasa Arab dan kurang pemahaman akan rukun, kewajiban, dan sunah haji. 

Dengan kondisi tersebut, para jemaah haji Indonesia menjadi mudah dipengaruhi dan percaya begitu saja pada apa yang dikatakan orang Arab. Chamber Loir bahkan mencatat, bahwa mereka cenderung mengagumi segala sesuatu yang bersifat Arab sementara merendahkan budaya Melayu. Kondisi ini kemudian memunculkan celah bagi warga Arab untuk melakukan tindak penipuan.

Warga Arab memanfaatkan situasi ini untuk memeras jemaah Indonesia, baik dari kalangan syekh, pedagang, maupun orang awam. Disisi lain, mereka punya julukan khusus untuk orang-orang Jawa yang melakukan ibadah haji, seperti "farukha" (jamak kata farkh, yang berarti "ayam itik") dan "baqar" (yang artinya "hewan ternak"), sebagai bentuk penghinaan terhadap orang Jawa tersebut. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Segarnya Sayur Asem untuk Berbuka Puasa
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%