Tampang

WHO Rilis Daftar Patogen Berbahaya yang Bisa Picu Kematian

13 Agu 2024 08:55 wib. 186
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: website

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi merilis Daftar Patogen Bakteri Prioritas (BPPL) 2024 yang berpotensi menjadi ancaman kesehatan baru bagi manusia. Indonesia sendiri merupakan satu dari lima negara di dunia yang memiliki risiko tinggi terhadap patogen serta ancaman kesehatan baru tersebut.

WHO menyebut bahwa daftar patogen baru ini merupakan sumber informasi penting dalam upaya melawan resistansi antimikroba (AMR). Sebagai informasi, resistansi antimikroba adalah kondisi ketika bakteri, virus, jamur, dan parasit mengalami perubahan sehingga memiliki daya tahan atau kekebalan yang tinggi terhadap obat-obatan antimikroba dan/atau antibiotik.

WHO menyebut, resistansi antimikroba merupakan ancaman serius bagi dunia. Menurut data WHO, sekitar 9,45 juta kematian pada 2019 lalu yang sebagian besar terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dikaitkan erat dengan resistansi antimikroba. Adapun, Indonesia diklaim tengah menghadapi risiko resistansi antimikroba yang tinggi.

"Indonesia adalah salah satu dari lima negara di dunia dengan proyeksi persentase peningkatan konsumsi antimikroba terbesar pada 2030," tulis WHO dalam keterangan resminya, dikutip Senin (12/8/2024).

Melalui daftar BPPL 2024, WHO merilis daftar 15 famili patogen resistan antibiotik (ABR) yang dikualifikasikan ke dalam tiga kategori, yakni prioritas kritis, tinggi, dan sedang untuk penelitian dan pengembangan (R&D) terkait pengawasan dan pengendalian resistensi antibakteri.

Berikut daftar 15 famili patogen resistan antibiotik yang menurut WHO berdasarkan kategori.

Kelompok Prioritas Kritis

Patogen bakteri ABR yang tergolong dalam kelompok ini menimbulkan ancaman tertinggi bagi kesehatan masyarakat akibat terbatasnya pilihan pengobatan, beban penyakit yang tinggi (mortalitas dan morbiditas), dan tren peningkatan ABR.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?