Tampang

Minum Kopi Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi: Mitos atau Fakta?

25 Mei 2024 08:00 wib. 117
0 0
Minum Kopi Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi: Mitos atau Fakta?
Sumber foto: google

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius dan perlu mendapat perhatian khusus. Komplikasi akibat hipertensi dapat berakibat fatal jika tidak diatasi dengan tepat. Oleh sebab itu, penanganan hipertensi menjadi sangat penting.

Prevensi hipertensi dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup menuju pola hidup yang lebih sehat. Salah satu hal penting yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Masyarakat diharapkan untuk menghindari konsumsi makanan tinggi lemak jahat, terutama makanan yang digoreng. Diet sehat yang menghindari lemak jahat menjadi kunci penting dalam mencegah hipertensi. Dr. Dina Nilasari, seorang Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, menekankan pentingnya konsumsi lemak baik dan menghindari gorengan dalam program Hidup Sehat tvOne pada Rabu, 22 Mei 2024.

Selain memperhatikan konsumsi lemak, masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan konsumsi garam. Kandungan garam yang tinggi dalam makanan dapat meningkatkan tekanan darah. Tingginya tekanan darah berhubungan dengan peningkatan konsumsi natrium dalam tubuh, yang dapat berdampak pada elastisitas pembuluh darah.

Selain faktor makanan, pecinta kopi juga harus memperhatikan konsumsi kafein. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah, tergantung pada jumlah konsumsi kafein dan juga faktor toleransi tubuh terhadap kafein. Dalam kasus hipertensi yang sulit terkontrol, pasien diharapkan untuk menghindari konsumsi kopi. Meskipun pada pasien hipertensi yang terkontrol, konsumsi kopi masih dapat diperbolehkan dengan jumlah yang tidak berlebihan. Namun, konsumsi kopi juga diimbau untuk tidak langsung diikuti dengan pemeriksaan tekanan darah, mengingat sifat kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah namun tidak permanen.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%