Tampang

Temulawak: Rahasia Kesehatan dari Jamu Tradisional Jawa

13 Jun 2024 04:29 wib. 36
0 0
wedang temulawak
Sumber foto: Pinterest

Temulawak, atau dalam bahasa ilmiahnya Curcuma xanthorrhiza, adalah tumbuhan herbal yang telah lama digunakan sebagai bahan utama dalam ramuan tradisional Jawa. Tanaman ini memiliki akar yang kaya akan senyawa berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Temulawak seringkali diolah menjadi ramuan jamu tradisional yang dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat temulawak yang patut untuk diketahui.

Pertama, temulawak memiliki kandungan senyawa kurkuminoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kedua sifat ini dapat membantu tubuh dalam melawan peradangan dan meredakan rasa sakit pada sendi, sehingga menjadikan temulawak bahan yang efektif dalam pengobatan arthritis dan rheumatism.

Selain itu, temulawak juga dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Senyawa kurkuminoid dalam temulawak memiliki kemampuan untuk melindungi sel hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan toksin. Hal ini membuat temulawak menjadi pilihan yang baik dalam menjaga kesehatan hati dan mencegah penyakit hati seperti sirosis.

Manfaat lain dari temulawak adalah sebagai peningkat nafsu makan. Gangguan nafsu makan seringkali dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dalam hal ini, temulawak memiliki khasiat untuk merangsang nafsu makan, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang dalam masa pemulihan atau membutuhkan peningkatan nafsu makan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%