Tampang

Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital: Mengatasi Stres, Kecemasan, dan Dampak Media Sosial

27 Jun 2024 17:19 wib. 63
0 0
Kesehatan mental
Sumber foto: canva.com

Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

1. Batas Waktu Penggunaan Teknologi
   Mengatur batas waktu penggunaan teknologi adalah langkah kunci untuk menjaga kesehatan mental di era digital. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar dapat menyebabkan kelelahan mental, kurang tidur, dan kurangnya interaksi sosial langsung. Menetapkan batas waktu harian untuk menggunakan media sosial dan mengetahui kapan waktu untuk menonaktifkan ponsel atau komputer adalah cara efektif untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan teknologi.

2. Pergaulan Sehat di Media Sosial
   Selain mengatur batas waktu penggunaan media sosial, penting untuk memastikan bahwa lingkungan di media sosial kita sehat. Menghapus atau memblokir akun yang menyebabkan stres atau kecemasan, mengikuti akun yang memberikan dampak positif, dan membatasi eksposur pada konten yang merugikan kesehatan mental adalah cara-cara untuk memastikan bahwa pengalaman di media sosial bersifat positif.

3. Pengembangan Keterampilan Regulasi Emosi
   Keterampilan regulasi emosi seperti meditasi, mindfullness, dan olahraga dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan yang disebabkan oleh penggunaan teknologi. Keterampilan ini dapat membantu seseorang untuk tenang dan fokus dalam menghadapi tekanan yang berasal dari interaksi online atau penggunaan teknologi yang berlebihan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jasa Pembuatan Website Sales Mobil
0 Suka, 0 Komentar, 21 Okt 2020

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%