Tampang

Mengenal 5 Jenis Plastik Sebagai Kemasan Plastik Makanan

2 Agu 2024 22:05 wib. 105
0 0
Berbagai sampah plastik berupa kemasan makanan dan minuman yang disusupi kedalam sampah kertas impor diperlihatkan saat aksi protes tolak sampah impor di Surabaya, 12 Juli 2019. Tumpukan sampah impor
Sumber foto: website

2. Polipropilen (PP)

  • Plastik jenis ini sering digunakan untuk wadah makanan yang dapat dipanaskan, seperti wadah mikrogelombang, botol, tutup botol, dan wadah makanan ringan karena lebih kaku dan tahan panas dibandingkan dengan PE.

3. Polistiren (PS)

  • Polistiren digunakan untuk wadah makanan sekali pakai seperti piring, cangkir, dan kotak makan siang. Polistiren kaku dikenal sebagai PS umum, sedangkan jenis yang lebih fleksibel, EPS atau styrofoam, digunakan untuk membungkus makanan yang membutuhkan isolasi panas.

4. Polivinil Klorida (PVC)

  • Plastik ini digunakan untuk kemasan makanan yang fleksibel seperti plastik pembungkus roti dan produk bakery. PVC juga digunakan untuk membuat botol minuman ringan dan tutup botol karena transparan dan fleksibel.

5. Polietilen Tereftalat (PET)

  • Plastik ini digunakan untuk membuat botol makanan kemasan seperti salad dan buah-buahan. PET kuat, ringan, transparan, dan tahan terhadap bahan kimia, sehingga cocok untuk botol minuman berkarbonasi, air mineral, dan jus.

Penggunaan plastik dalam industri makanan sangat penting, namun harus diatur dengan bijak untuk meminimalkan dampak lingkungan. Inovasi bahan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang terus dikembangkan. Daur ulang plastik membantu mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan. Jenis plastik seperti PE, PP, dan PET lebih mudah didaur ulang dibandingkan jenis lainnya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?