Tampang

Kebiasaan yang Mempengaruhi Melemahnya Daya Ingat

20 Jun 2020 15:01 wib. 1.439
0 0
Kebiasaan yang Mempengaruhi Melemahnya Daya Ingat

Permulaan akan kehilangan daya ingat mungkin terjadi secara bertahap atau bahkan dapt terjadi secara mendadak. Dan kehilangan daya ingat pun sifatnya dapat sementara maupun permanen. Situasi seperti ini mungkin juga terbatas pada ketiakmampuan dalam mengingat kejadian terakhir, peristiwa yang terjadi di masa lalu atau bahkan kombinasi dari keduanya. Begitu dengan terjadinya proses penuaan pastinya akan mengakibatkan kehilangan daya ingat, namun hal tersebut memang seyogyanya terjadi karena usia sudah tidak muda lagi. Lain halnya bila kehilangan daya ingat di usia muda yang akan membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Nah, sebenarnya berkurangnya daya ingat seseorang dapat terjadi akibat dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukannya sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa menjadi penyebab daya ingat seseorang berkurang? Simak penjelasannya di bawah ini yuk.                                                                                                                  

  • Pola makan yang tidak sehat

Makanan yang banyak mengandung gula seperti kue-kue maupun junk food memang terasa enak pada saat dikonsumsi namun di balik hal tersebut ada konsekuensi kesehatan yang menyertainya. Disinyalir makanan yang mengandung banyak gla dapat memicu peradangan pada otak sehingga membuat memori melemah dalam jangka waktu pendek. Terlebih lagi makanan yang mengandung lemak trans di mana makanan atau minuman tersebut mengandung pengawet seperti kopi dengan krimer yang dapat merusak otak. Maka sebaiknya hindari makanan yang tidak sehat untuk mencegah terjadinya kehilangan daya ingat.

  • Tidur terlalu sedikit atau banyak

Tidur yang terlalu singkat akan membuat kesulitan ketika menerima informasi akan tetapi begitu juga sebaliknya. Dalam sebuah survey ditemukan bahwa orang yang tidur selama lima atau kurang dan sembilan atau lebih mempunyai nilai terendah pada tes otak dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam jumlah yang cukup. 

  • Kurang berolahraga

Kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur akan menjaga aliran darah ke otak tetap lancar sehingga hal tersebut akan mengurangi gangguan tubuh. Seperti gerakan menendang pada senam aerobik dapat melepaskan hormon pertumbuhan yang akan meningkatkan fungsi otak agar lebih efektif. Berolahraga juga dapat membantu memori serta berpikir melalui arti-arti yang langsung maupun tidak langsung.

  • Merokok
<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?