Tampang

Hebat! Mahasiswa UM Surabaya ini Menciptakan Minuman Penurun Kolestrol

2 Sep 2017 08:35 wib. 1.334
0 0
Hebat! Mahasiswa UM Surabaya ini Menciptakan Minuman Penurun Kolestrol

Ia menjelaskan, pembuatan minuman dari sayuran okra hijau tersebut terbilang mudah. Proses pertamanya, kata dia, sayur okra hijau dipotong-potong kecil setelah itu dicampur 100 mililiter air untuk kemudian ditutup dan direndam selama satu jam. "Dari proses itu nantinya akan akan mengahasilkan minuman yang berkhasiat menurunkan kolesterol," tambahnya.

Sementara minuman dari sari bunga kupu-kupu buatan Rafiqhi tersebut dinamakannya Pules. Sebab bunga kupu-kupu, biasanya hanya dibuat sebagai tanaman peneduh. "Bunga ini memang kurang terkenal dan biasanya hanya dibuang begitu saja. Dari situ, saya mencoba meneliti kandungan yang ada di bunga itu yang ternyata mengandung senyawa plvonoid kuersatin," jelasnya.

Setelah mengetahui ada senyawa tersebut, Rafiqhi mencoba mengolah bunga tersebut untuk ditumbuk dan dicampur dengan air. Dari proses itulah minuman Pules dihasilkan. "Saya juga sudah menguji coba ke kemencit atau tikus putih. Hasilnya, kadar kolesterol pada hewan itu yang semula ada pada konsetransi 60 miligram itu bisa turun menjadi 47 miligram per desi liter," ujarnya.

Namun untuk saat ini minuman Pules karya Rafiqhi tersebut belum bisa dikonsumsi manusia. Pasalnya,  inovasinya tersebut masih perlu dilakukan uji Toksologi ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?