Tampang

Efek Samping Eksfoliasi Berlebihan: Kenali Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

11 Jul 2024 11:26 wib. 114
0 0
kulit kemerahan
Sumber foto: Pinterest

Eksfoliasi adalah proses pembuang sel-sel kulit mati untuk memberikan hasil kulit yang lebih cerah dan halus. Metode eksfoliasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan scrub, chemical peeling, atau bahan-bahan eksfoliasi lainnya. Namun, terlalu sering atau berlebihan melakukan eksfoliasi dapat memberikan efek samping yang buruk pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda eksfoliasi berlebihan dan cara mengatasinya.

Tanda-tanda Eksfoliasi Berlebihan
1. Iritasi dan Kemerahan
Jika kulit terasa sangat sensitif, merah, atau bahkan terasa gatal setelah melakukan eksfoliasi, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda telah melakukan eksfoliasi berlebihan. Kulit yang teriritasi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan memperburuk kondisi kulit.

2. Kulit Terkelupas
Eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat kulit terkelupas atau mengelupas lebih dari yang seharusnya. Ini menandakan bahwa proses regenerasi kulit terganggu akibat eksfoliasi yang dilakukan terlalu sering.

3. Kulit Kering dan Pecah-pecah
Eksfoliasi yang berlebihan dapat menghilangkan lapisan lipid alami kulit yang berfungsi sebagai perlindungan. Akibatnya, Anda bisa mengalami kulit kering dan bahkan pecah-pecah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Bersedekah
0 Suka, 0 Komentar, 9 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?