Tampang

Diabetes Tipe 1,5: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

2 Apr 2024 08:54 wib. 265
0 0
lustrasi cek gula darah
Sumber foto: pixabay.com/Tesa Robbins

Untuk memahami penyebab diabetes tipe 1,5, penting untuk memahami perbedaan antara tiap jenis diabetes. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada anak-anak dan remaja. Pada diabetes tipe 1, antibodi menyerang sel pankreas sehingga pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. Sebagai akibatnya, penderita diabetes tipe 1 perlu mendapatkan suntikan insulin untuk mengontrol gula darah.

Diabetes tipe 2, di sisi lain, adalah kondisi metabolik yang dipicu oleh gangguan kerja insulin. Diabetes tipe 2 umumnya mempengaruhi orang dewasa dengan gula darah tinggi akibat gaya hidup dan kebiasaan makan yang kurang sehat.

Diabetes tipe 1,5 dipicu oleh kerusakan pankreas karena tubuh memproduksi antibodi terhadap sel penghasil insulin. Ketika pankreas rusak, tubuh menghancurkan sel-sel beta pankreas, mirip dengan pada diabetes tipe 1. Dengan demikian, diabetes tipe 1,5 lebih mirip dengan diabetes tipe 1 daripada tipe 2.

Faktor Risiko

Beberapa faktor risiko yang meningkatkan peluang seseorang mengembangkan diabetes LADA, antara lain adalah obesitas atau berat badan berlebih, berat badan lahir rendah, dan aktivitas fisik yang rendah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Akibat Fatal Keramas Sebelum Tidur
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2018
6 Cara Mengontrol Rasa Haus Saat Puasa
0 Suka, 0 Komentar, 16 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?