Tampang

Ciri-Ciri Gangguan Makan, Anoreksia dan Bulimia

14 Jul 2024 09:21 wib. 243
0 0
Gangguan Makan
Sumber foto: Pinterest

Gangguan makan adalah masalah kesehatan mental yang seringkali tidak disadari oleh penderitanya maupun orang di sekitarnya. Dua gangguan makan yang cukup dikenal luas adalah anoreksia dan bulimia. Kedua gangguan makan ini memiliki ciri-ciri yang berbeda namun seringkali menyebabkan dampak yang serius bagi kesehatan.

Ciri-Ciri Gangguan Makan

1. Anoreksia
   Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan ketakutan yang berlebihan akan kegemukan serta meningkatnya keinginan untuk menurunkan berat badan hingga ke tingkat yang tidak sehat. Beberapa ciri-ciri anoreksia antara lain adalah:

   - Berat badan dibawah normal: Penderitanya seringkali memiliki berat badan yang lebih rendah dari berat badan yang seharusnya sesuai dengan tinggi badan dan usia.
   - Ketakutan berlebihan terhadap berat badan: Penderita anoreksia memiliki ketakutan yang tidak wajar terhadap kenaikan berat badan, bahkan jika mereka sudah sangat kurus.
   - Gangguan citra tubuh: Mereka seringkali memiliki persepsi yang tidak realistis terhadap bentuk dan berat badan mereka sendiri.
   - Pembatasan makanan: Penderita anoreksia cenderung melakukan diet yang ekstrem, menghindari makanan tertentu, dan membatasi jumlah kalori yang mereka konsumsi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.