Tampang

Ciri-Ciri Gangguan Makan, Anoreksia dan Bulimia

14 Jul 2024 09:21 wib. 240
0 0
Gangguan Makan
Sumber foto: Pinterest

2. Bulimia
   Bulimia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan siklus makan berlebihan yang diikuti oleh perilaku kompensasi, seperti muntah secara sadar atau penggunaan laksatif secara berlebihan. Beberapa ciri-ciri bulimia antara lain adalah:

   - Makan berlebihan secara berulang: Penderitanya seringkali kehilangan kendali saat makan dan mengonsumsi jumlah makanan yang jauh lebih banyak dari yang seharusnya dalam waktu yang singkat.
   - Perilaku kompensasi yang tidak sehat: Setelah makan berlebihan, penderita bulimia cenderung melakukan perilaku kompensasi seperti muntah secara sengaja, penggunaan laksatif, berpuasa, atau melakukan olahraga secara berlebihan.
   - Kekhawatiran berlebihan terhadap berat badan: Meskipun penderita bulimia tidak selalu memiliki berat badan yang rendah, namun mereka memiliki kecemasan yang berlebihan terhadap bentuk dan berat badan mereka sendiri.

Dampak Gangguan Makan

Gangguan makan, baik anoreksia maupun bulimia, memiliki dampak yang serius bagi kesehatan fisik maupun mental penderitanya. Pada kasus anoreksia, gangguan tersebut dapat menyebabkan kerusakan organ, gangguan hormon, dan bahkan kematian akibat kelaparan. Sementara pada kasus bulimia, dampak fisik yang mungkin terjadi termasuk gangguan pencernaan, masalah jantung, dan kerusakan gigi akibat muntah secara berulang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.