Tampang

Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

20 Apr 2024 10:28 wib. 156
0 0
Jerawat dan Bekasnya
Sumber foto: google

Jerawat dapat menjadi masalah penampilan jika tidak diatasi dengan baik, terutama bila meninggalkan bekas. Namun, ada cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang dapat dilakukan, mulai dari perawatan di rumah hingga perawatan medis.

Jerawat sering kali muncul di bagian tubuh yang berminyak dan berkeringat, seperti wajah, dada, bahu, dan punggung. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja, terutama remaja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang benar agar tidak mengganggu penampilan.

Jerawat dapat muncul akibat tersumbatnya folikel atau tempat tumbuhnya rambut di kulit oleh minyak (sebum) dan sel kulit mati. Berdasarkan tingkat keparahannya, jerawat ada yang bersifat ringan, sedang, hingga parah. Jerawat ringan umumnya berbentuk bintik atau komedo, sedangkan jerawat sedang ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah dan terasa lunak yang terkadang disertai nanah. Sementara jerawat parah antara lain jerawat batu, jerawat kistik, dan akne fulminans.

Untuk mengatasi jerawat ringan, hindari mencuci wajah berjerawat lebih dari 2 kali sehari karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan memperparah jerawat. Basuh dan bersihkan kulit yang berjerawat dengan sabun pembersih wajah khusus jerawat dan air hangat. Menghindari pemakaian make up selama masih berjerawat juga disarankan karena dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat kembali muncul atau semakin parah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%