Tampang

Banyak yang Tak Tahu, Ini 9 Manfaat Kopi Pahit Buat Kesehatan

9 Sep 2024 05:48 wib. 67
0 0
Banyak yang Tak Tahu, Ini 9 Manfaat Kopi Pahit Buat Kesehatan
Sumber foto: Unsplash.com

Kopi mungkin dikenal sebagai salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang. Meskipun memiliki rasa yang pahit, kopi hitam ternyata tidak hanya membantu kita tetap terjaga dan segar, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Kaya akan antioksidan, kopi hitam memiliki kemampuan untuk melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi tanpa gula untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Bertambahnya usia dapat mengurangi daya ingat atau yang sering disebut dengan pikun. Meningkatkan daya ingat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula. Kopi hitam memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan kinerja otak, memperbaiki mood, serta meningkatkan fungsi kognitif.

2. Meningkatkan Kinerja Fisik

Mengkonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 100 persen. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang dapat mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Selain itu, kopi juga dapat membantu memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam tanpa gula setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh, yang dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan pembuluh darah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?