Tampang

4 Efek Samping Makan Nasi Merah Bagi Kesehatan Tubuh: Jadi Enggak Selamanya Sehat

26 Jul 2024 10:18 wib. 80
0 0
Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Tubuh
Sumber foto: Google

Nasi merah telah dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih. Nasi merah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, seperti makanan lainnya, konsumsi yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas 4 efek samping yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi nasi merah secara berlebihan, yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

1. Gangguan Pencernaan

     Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi, yang sebenarnya baik untuk pencernaan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, serat yang terlalu banyak dapat mengganggu proses pencernaan. Efeknya bisa berupa sembelit, kembung, atau gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, kandungan anti-nutrisi dalam nasi merah juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting dalam tubuh.

2. Gangguan Metabolisme

     Mengonsumsi nasi merah dalam jumlah yang berlebihan juga dapat memengaruhi metabolisme tubuh. Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah naik dan juga berisiko meningkatkan risiko diabetes tipe 2, terutama bagi orang yang rentan terkena penyakit tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cara Membuat Chili Oil
0 Suka, 0 Komentar, 20 Mei 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?