Tampang

15 Cara Mengatasi Asam Lambung

27 Mar 2018 05:30 wib. 2.210
0 0
15 Cara Mengatasi Asam Lambung

Mengidap asam lambung berlebih sangatlah tidak mengenakkan. Untuk mengatasinya, seseorang mesti mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat dan efek samping ketika asam lambung berlebih. 

Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Fungsinya mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makan dan minuman, serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Asam lambung yang rendah atau berlebihan akan membuat rasa sakit. Asam lambung yang tinggi biasanya diiringi dengan sejumlah gejala. Di antaranya yakni: gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap.

Seorang yang memiliki asam lambung tinggi juga sering bersendawa dan perut kembung, sering mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan terkadang disertai batuk berdahak. Asam lambung tinggi akan membuat tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit. Kulit akan terlihat kusam, demam dan rambut rontok.
Berikut cara mengatasi asam lambung yang perlu kamu ketahui:

  • Minum susu rendah lemak

Anda bisa mencoba untuk minum susu rendah lemak jika kadar asam sudah naik tapi tidak terlalu tinggi. Sebenarnya salah satu bahan untuk membuat obat maag seperti antasida adalah kalsium dan mineral ini ditemukan secara alami pada susu. Namun Anda harus memilih susu rendah lemak karena dikhawatirkan lemak bisa membuat kandungan asam semakin memburuk. Selain itu susu juga termasuk minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan membantu pH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

  • Manisan jahe

Manisan jahe juga bisa menjadi makanan yang akan membantu menurunkan asam lemak dengan cara yang sangat alami. Selama ini jahe sering digunakan sebagai herbal atau obat alami untuk mengatasi mual dan muntah. Jahe mengandung senyawa seperti gingerol yang akan bekerja untuk membuat lambung dan perut menjadi lebih nyaman. Anda bisa mencoba untuk makan manisan jahe secara langsung atau merendam manisan jahe dengan air panas lalu meminum airnya saat masih hangat. Meskipun manisan jahe memiliki rasa yang sedikit pedas tapi ini sangat aman untuk lambung.

  • Minum teh chamomile

Teh chamomile sangat baik untuk orang yang menderita gangguan asam lambung. Teh ini dipercaya bisa menurunkan asam dan membuat lambung bisa bekerja secara normal. Bahkan teh chamomile bisa membantu membuang gas dalam perut akibat asam yang terlalu tinggi. Cara membuat teh chamomile untuk menurunkan asam lambung adalah dengan merendam teh chamomile dengan air mendidih yang sudah matang. Kemudian tunggu beberapa saat hingga lebih dingin dan baru diminum. Jika Anda minum teh chamomile yang panas maka justru bisa membuat asam lambung naik dengan cepat.

  • Manisan apel organik

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

tips ml
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?