Tampang

Lima Mahasiswa Unair Menciptakan Robot Pembasmi Bakteri Patogen

15 Jun 2017 21:45 wib. 1.193
0 0
Lima Mahasiswa Unair Menciptakan Robot Pembasmi Bakteri Patogen

Tampang.com - Lima mahasiswa Universitas Airlangga menciptakan inovasi robot pensteril bakteri di rumah sakit. Robot ini diharapkan dapat membasmi bakteri patogen penyebab infeksi nosokomial.

Robot itu dibuat oleh tim mahasiswa D3 Otomasi Sistem Instrumentasi Fakultas Vokasi Unair, yaitu Afrizal Rizqi, Agus Abdul Rozaq, Rafif Nadhif Naufal, Abdul Hamid, dan Inas Pramitha Abdini Haq. “Kami menamai robot ini AUROWS (Automation Robotic Waste Transporter & Sterilizer),” ujar ketua tim, Afrizal, melalui rilis tertulis, Kamis, 15 Juni 2017.

Afrizal mengatakan, saat ini infeksi nosokomial menyebabkan 1,4 juta kematian setiap hari di seluruh dunia. Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat dan berkembang saat seseorang berada di lingkungan rumah sakit. “Infeksi ini disebabkan bakteri patogen, yang diantaranya berasal dari sampah klinik rumah sakit.”

Di Indonesia angka kematian pasien yang tertular infeksi nosokomial ini tergolong tinggi, yakni antara 12-52 persen. Padahal, infeksi nosokomial ini bisa menyebabkan pasien terkena bermacam-macam penyakit dengan gejala yang berbeda pula. Mulai infeksi saluran kemih, infeksi aliran darah, pneumonia, sampai infeksi pada luka operasi.

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

manfaat reuni
0 Suka, 0 Komentar, 3 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?