Tampang

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar Hingga Dua Bulan

5 Jun 2024 09:58 wib. 872
0 0
Tips Daging Kurban Tetap Segar
Sumber foto: Goggle

2. Potong Kecil Daging Sebelum Disimpan
Kompas.com merekomendasikan untuk memotong daging sapi maupun kambing mentah menjadi kecil-kecil sebelum disimpan. Hal ini akan membantu dalam proses pencairan saat daging dikeluarkan dari freezer. Selain itu, potongan-potongan kecil daging mentah juga akan meminimalkan kontak daging dengan tangan yang mungkin terkontaminasi bakteri, yang dapat meminimalisir penyebaran bakteri.

3. Simpan dalam Wadah Tertutup di Freezer
Daging kurban mentah sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas atau freezer. Pada temperatur dingin, mikroorganisme pembusuk tidak akan aktif, sehingga daging yang disimpan tidak mudah rusak. Lalu, ada baiknya mengetahui informasi lebih lanjut terkait penyimpanan daging pada suhu tertentu. Misalnya, suhu 2 bulan pada minus 12 derajat celsius, 4 bulan pada minus 18 derajat celsius, 8 bulan pada minus 24 derajat celsius, dan 12 bulan pada minus 30 derajat celsius.

4. Jangan Dicairkan atau Disimpan di Suhu Ruangan
Daging mentah, baik daging sapi, kambing, atau ayam, akan lebih baik apabila tidak disimpan terlalu lama di suhu ruangan. Segera after daging diperoleh, daging seharusnya segera dimasukkan ke dalam kulkas, setidaknya 1 jam setelah diperoleh. Hal ini penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada daging. Meminimalkan proses pencairan daging mentah di suhu ruangan juga dianjurkan untuk mencegah bereaksi terhadap bakteri. Maka, saat akan mencairkan daging, sebaiknya pindahkan daging ke chiller terlebih dahulu agar daging dapat mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.