Tampang

Perbedaan Wajah Orang Kaya dan Orang Miskin Berdasarkan Studi

8 Jul 2024 20:05 wib. 208
0 0
Perbedaan Wajah Orang Kaya dan Orang Miskin Berdasarkan Studi
Sumber foto: iStock

Ternyata, kekayaan seseorang dapat tercermin dari wajahnya. Temuan ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto. Penelitian tersebut menggunakan subjek berupa foto hitam putih dengan ekspresi netral dan tanpa menggunakan aksesori apapun. Sebanyak 80 foto pria dan 80 wanita menjadi subjek penelitian tersebut.

Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari 50% orang kaya dan 50% sisanya merupakan kelas pekerja. Para foto tersebut kemudian ditunjukkan kepada orang lain yang diminta untuk menebak kelas sosial dari masing-masing subjek.

Lebih dari setengahnya, yakni sekitar 68%, mampu menjawab dengan benar. Hal yang menarik, responden juga tidak menyadari bagaimana mereka mampu menebak kelas sosial dari wajah subjek tersebut.

Menurut R-Thora Bjorsdottir, seorang peneliti dari studi tersebut, "Ketika ditanya bagaimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebaknya dengan benar." Namun peneliti menemukan bahwa banyak jawaban benar hanya dengan melihat mata dan mulut subjek dalam foto yang diuji.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.