Tampang

Orang Superkaya Makin Kaya, Aturan Pajak Baru Mengintai

25 Jul 2024 22:44 wib. 149
0 0
Orang Superkaya Makin Kaya, Aturan Pajak Baru Mengintai
Sumber foto: iStock

Satu persen orang terkaya di dunia meningkatkan kekayaan mereka hingga total US$42 triliun (Rp683 kuadriliun) selama satu dekade terakhir. Data ini disampaikan Oxfam, LSM yang berfokus pada pengentasan kemiskinan global. Menurut Oxfam, hal ini menjadi perhatian serius karena menunjukkan tingkat ketidaksetaraan yang semakin memburuk di seluruh dunia.

Pada Kamis (25/7/2024), Oxfam menyatakan bahwa meski mengalami keuntungan tak terduga ini, pajak bagi orang kaya telah anjlok ke "titik terendah dalam sejarah." Hal ini merujuk pada peraturan pajak yang kurang mengatur dan memberikan celah bagi kaum superkaya untuk menghindari kewajiban pajak mereka secara penuh.

LSM tersebut juga memperingatkan tentang "tingkat ketidaksetaraan yang tidak senonoh" dengan seluruh dunia yang "ditinggalkan untuk berjuang demi mendapatkan remah-remah." Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kekayaan dari segelintir elite global tidak seimbang dengan upaya pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat luas.

Data ini disampaikan Oxfam menjelang pertemuan puncak G20 di Brasil yang mana pajak bagi orang superkaya menjadi agenda utama. Brasil telah menjadikan kerja sama internasional dalam mengenakan pajak bagi orang superkaya sebagai prioritas kepemimpinannya di G20, sekelompok negara yang mewakili 80 persen dari PDB dunia. Hal ini mencerminkan dorongan positif untuk menangani ketimpangan ekonomi yang semakin meningkat dan penciptaan sistem pajak yang lebih adil bagi semua pihak.

Pada pertemuan puncak minggu ini di Rio de Janeiro, para menteri keuangan kelompok tersebut diharapkan membuat kemajuan dalam cara-cara untuk menaikkan pungutan bagi orang-orang yang sangat kaya dan mencegah para miliarder menghindari sistem pajak. Inisiatif tersebut melibatkan penentuan metodologi untuk mengenakan pajak bagi para miliarder dan penerima penghasilan tinggi lainnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.