Tampang

Menyiasati Pola Makan dan Kesehatan Usus: Mendukung Penyembuhan dengan Nutrisi

18 Jul 2024 12:10 wib. 101
0 0
Menyiasati Pola Makan dan Kesehatan Usus
Sumber foto: google

Ditulis laman Hindustan Times, Selasa (16/7), Dr. Subrata Das, HOD spesialis Penyakit Dalam dan Diabetologi di Rumah Sakit Sakra World di Bengaluru, berbagi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan tinggi nutrisi untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari penyakit karena komponennya berfungsi secara sinergis dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh suplemen. 

Menurut Dr. Subrata Das, mikrobioma usus, yang merupakan populasi bakteri dan mikroorganisme lain yang hidup di saluran pencernaan manusia, memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Pengelolaan pola makan yang sehat dan menyeimbangkan keseimbangan bakteri yang sehat di usus dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. Ia juga menekankan bahwa menjaga keseimbangan bakteri yang sehat, yang dikenal sebagai homeostasis, sangatlah penting. Sebaliknya, ketidakseimbangan, yang dikenal sebagai disbiosis, dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit radang usus, obesitas, kanker, dan autisme.

Dr. Subrata Das juga menyoroti betapa pentingnya mikrobioma usus yang mengandung triliunan bakteri, virus, dan jamur dalam mencerna dan mendukung fungsi imunologi, jantung, serta otak. Mikrobioma usus, yang utamanya ditemukan di usus besar, mencakup lebih banyak sel bakteri daripada sel manusia dan secara efektif berfungsi sebagai organ tambahan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?