Tampang

Lagi Viral Link Cek Khodam Online, Begini Cara Mainnya

24 Jun 2024 08:03 wib. 51
0 0
Viral Link Cek Khodam Online
Sumber foto: iStock

Sosial media sedang ramai dengan tren cek khodam online. Muncul di berbagai platform seperti Instagram, TikTok, dan X, banyak orang beramai-ramai melakukan pemeriksaan terhadap khodam yang mungkin tersembunyi dalam diri mereka. Pemeriksaan khodam ini hanya berlaku sebagai hiburan semata. Nama-nama khodam yang digunakan pun dimaksudkan sebagai hiburan semata, seperti Naga Kocak, Panda Cupu, Edgar Burger, Harimau Kutub, dan Raja Sumatera, dengan tujuan menghibur para pengguna media sosial.

Namun dibalik fenomena ini, sebenarnya khodam merupakan istilah yang merujuk pada kekuatan gaib dalam budaya lokal, khususnya di Pulau Jawa. Dalam penelitian yang dikutip dari detikcom, disebutkan bahwa khodam merujuk pada penjaga manusia yang diundang dari dunia gaib. Khodam ini dapat berupa khodam jin atau khodam malaikat, yang diundang melalui aktivitas spiritual seperti puasa dan wirid oleh kalangan ahli yang disebut sebagai riyadlah.

Para ahli seperti riyadlah sengaja melakukan perburuan khodam dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. Salah satu jenis khodam yang terkenal adalah macan putih. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ali Nurdin pada tahun 2012 bahkan menemukan bahwa beberapa desa di Jawa menjual khodam dengan harga yang cukup tinggi, hingga mencapai Rp 25 juta.

Terkait dengan tren cek khodam online, beberapa langkah sederhana dapat dilakukan untuk mengakses informasi terkait khodam. Salah satu cara adalah dengan memasukkan nama seseorang pada kolom yang disediakan di laman https://check-your-khodam.vercel.app/ melalui komputer atau ponsel pintar, kemudian menekan tombol 'Check'.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%