Tampang

Utang BUMN sebagai Penyebab Potensial Bangkrut

28 Jun 2024 04:44 wib. 55
0 0
Utang BUMN sebagai Penyebab Potensial Bangkrut

Tak hanya Barata Indonesia, BUMN Indah Karya juga sedang berjuang melalui proses PKPU untuk menyelesaikan utang-utangnya. Di samping itu, upaya disertai dengan penjualan aset menunjukkan bahwa masih ada kesempatan bagi BUMN tersebut untuk bangkit kembali.

Namun, memiliki utang bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan BUMN terancam bangkrut. Yadi juga menyebut bahwa ada empat BUMN lain yang memiliki potensi untuk pulih, seperti Persero Batam, PT Boma Bisma Indra (Persero) atau BBI, PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) atau DKB dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) atau IKI.

Yadi menekankan bahwa BBI, sebuah BUMN manufaktur, memiliki peluang untuk memanfaatkan larangan dan pembatasan impor dari Kementerian Perindustrian. Ini menunjukkan kesempatan bagi industri manufaktur dalam negeri untuk mendapatkan kembali permintaan, karena saat ini masih kalah bersaing dengan negara lain yang melakukan impor.

Di sisi lain, BUMN galangan kapal seperti Dok dan Perkapalan Kodja Bahari serta IKI masih memiliki potensi tinggi karena permintaan yang tinggi, terutama dengan posisi Indonesia sebagai negara maritim. Permintaan yang tinggi dari BUMN lainnya seperti Pelni, ASDP, bahkan Pertamina menunjukkan adanya peluang untuk melakukan peningkatan skala produksi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

pemuda islam
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2017
Tips Mencegah Mabuk Perjalanan
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%