Tampang

Tunggu Kebijakan The Fed, BI Diprediksi Kembali Tahan Suku Bunga 6,25%

22 Jul 2024 23:48 wib. 61
0 0
Bank Indonesia
Sumber foto: Goggle

Gedung Bank Indonesia dalam berbagai ekonomi memprediksi bahwa Bank Indonesia (BI) akan tetap mempertahankan suku bunga acuan atau BI-Rate di level 6,25% pada bulan Juli 2024. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan BI dalam mengikuti arah suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed.

Sunarsip, seorang ekonom senior dari The Indonesia Economic Intelligence (IEI), memperkirakan bahwa BI akan kembali menahan suku bunga sebesar 6,25% untuk menjaga momentum penguatan rupiah sepanjang bulan Juli 2024. Ia pun menambahkan bahwa kebijakan BI juga akan mempertimbangkan arah suku bunga The Fed. Selain penguatan rupiah, BI juga mempertimbangkan kebijakan The Fed yang kemungkinan besar akan menahan suku bunga pada rentang antara 5,25% hingga 5,50%. Menurutnya, BI kemungkinan akan terus mengikuti kebijakan The Fed secara cermat. 

Sunarsip juga menyampaikan bahwa diperkirakan The Fed akan menurunkan suku bunga tersebut paling cepat pada bulan September 2024. Faktor lain yang menjadi pertimbangan BI adalah tren inflasi AS yang cenderung menurun dan keinginan bank sentral AS untuk mempertahankan penurunan inflasi. Selain itu, BI juga memperhatikan kondisi global terutama terkait perlambatan ekonomi di Cina. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?