Tampang

Menghadapi Kenaikan Harga, 3 Langkah Mengatur Keuangan dengan Bijak

19 Sep 2024 12:23 wib. 25
0 0
uang
Sumber foto: Google

Tampang.com | Kondisi ekonomi global yang tidak stabil dan inflasi yang terus meningkat membuat banyak orang harus lebih cermat dalam mengelola keuangan pribadi. Harga kebutuhan pokok, bahan bakar, dan layanan publik naik, sementara pendapatan banyak orang cenderung stagnan. Bagaimana cara menghadapi tantangan ini tanpa mengorbankan kebutuhan sehari-hari? Berikut adalah tiga langkah sederhana namun efektif untuk mengatur keuanganmu agar tetap stabil di tengah kenaikan harga.

1. Prioritaskan Pengeluaran Esensial

Langkah pertama dalam mengelola keuangan di tengah kenaikan harga adalah memprioritaskan pengeluaran yang esensial. Buatlah daftar kebutuhan harian, seperti makanan, tagihan listrik, air, transportasi, dan kebutuhan anak. Dengan menentukan prioritas pengeluaran, kamu bisa menghindari belanja berlebihan pada hal-hal yang tidak terlalu mendesak.

Kamu juga bisa mencoba metode 50/30/20, di mana 50% dari penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% untuk tabungan atau investasi. Metode ini membantu menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan tabungan, bahkan di saat harga naik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Solusi untuk Berhenti Berdengkur
0 Suka, 0 Komentar, 29 Mar 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?