Tampang

Tiga Sungai dI Purworejo yang Bisa Menjadi Jalan Tsunami Jika Gempa Megathrust Terjadi

14 Sep 2024 19:52 wib. 73
0 0
Tiga Sungai dI Purworejo yang Bisa Menjadi Jalan Tsunami Jika Gempa Megathrust Terjadi
Sumber foto: Google

Tampang.com | Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu daerah dengan ancaman bencana alam yang cukup tinggi. Selain rawan terhadap gempa bumi, wilayah ini juga memiliki potensi terjadinya tsunami akibat letusan gempa megathrust. Salah satu faktor yang memperkuat potensi terjadinya tsunami di Purworejo adalah adanya tiga sungai yang berpotensi menjadi jalur tsunami apabila gempa megathrust benar-benar terjadi. Ketiga sungai tersebut merupakan Sungai Bogowonto yang berbatasan dengan Purworejo-DIY, Sungai Jali di perbatasan Kecamatan Grabag dan Ngombol, serta Sungai Wawa.

Sungai Bogowonto menjadi salah satu faktor utama yang dapat memperkuat potensi terjadinya tsunami di wilayah Purworejo. Sungai ini berbatasan langsung dengan wilayah Purworejo-DIY dan memiliki arus yang cukup besar. Apabila terjadi gempa megathrust, kemungkinan besar Sungai Bogowonto akan menjadi jalur utama bagi gelombang tsunami yang menuju ke wilayah Purworejo.

Selain Sungai Bogowonto, Sungai Jali juga menjadi perhatian serius dalam upaya mitigasi bencana tsunami di Purworejo. Sungai ini berada di perbatasan Kecamatan Grabag dan Ngombol dan memiliki potensi untuk menjadi jalur tsunami jika terjadi gempa megathrust. Arus yang cukup deras dan lokasinya yang berada di dataran rendah menjadikan Sungai Jali sebagai faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam upaya penanggulangan bencana tsunami di Kabupaten Purworejo.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ridwan Kamil untuk JABAR!
0 Suka, 0 Komentar, 13 Feb 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?