Tampang

Kenapa Gurun Sahara Semakin Luas ?

9 Sep 2024 09:00 wib. 54
0 0
Kenapa Gurun Sahara Semakin Luas?
Sumber foto: Google

Sejumlah penelitian termasuk yang dilakukan selama 93 tahun oleh para peneliti di Universitas Maryland, gurun Sahara telah meluas selama beberapa waktu terutama ke selatan ke wilayah Sahel. Apa yang menyebabkan perluasan gurun Sahara yang semakin luas ini? Berbagai faktor telah diketahui berkontribusi pada fenomena ini, mulai dari perubahan iklim hingga aktivitas manusia. Penelitian-penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang perkembangan gurun Sahara dan dampaknya terhadap lingkungan, masyarakat, dan ekosistem di wilayah tersebut.

Sahara mengalami pertumbuhan setidaknya 11%, dan bertambah luas sebanyak 18% selama bulan-bulan musim panas terkering. Selama satu abad, gurun ini terus meluas hingga menjadi sekitar 10% lebih besar dibandingkan pada tahun 1920. Perubahan iklim merupakan faktor utama yang diketahui memengaruhi perluasan gurun Sahara. Dengan adanya perubahan iklim global, wilayah-wilayah di Afrika Utara mengalami peningkatan suhu yang dapat menyebabkan penurunan curah hujan dan kekeringan.

Kurangnya air dapat mengakibatkan tanah menjadi gersang, memudahkan terjadinya desertifikasi, dan luasnya gurun Sahara yang semakin meluas. Saat ini, berbagai studi menunjukkan bahwa gurun Sahara mengalami ekspansi sebesar beberapa kilometer setiap tahun, menyebabkan dampak yang signifikan bagi lingkungan dan komunitas di sekitarnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?