Tampang

Perhatikan 6 Tips Menjalani Puasa ini, Terutama Bagi Penderita Asam Lambung

4 Apr 2023 13:29 wib. 296
0 0
Perhatikan 6 Tips Menjalani Puasa ini, Terutama Bagi Penderita Asam Lambung

Puasa adalah salah satu kewajiban seluruh umat muslim yang harus dijalankan, terlepas dari jenis kelamin, status sosial, dan budaya seseorang. Kegiatan spiritual dengan menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu selama seharian, lalu ditutup dengan hari perayaan Idul Fitri. Tak hanya mendapatkan pahala saja, puasa juga memiliki segudang manfaat untuk menyehatkan tubuh. Bagi beberapa orang yang mengidap asam lambung mungkin akan sedikit tertantang, karena terkadang kadar asam lambung bisa tiba-tiba meningkat. 

Asam lambung atau dikenal sebagai penyakit GERD adalah kondisi medis dimana asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus), yang menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada, sakit perut, mual, muntah, dan gangguan tidur. Pemicunya bisa dari pola makan yang tidak sehat, merokok, konsumsi alkohol, stres, hingga telat makan.

Banyak yang berpikiran bahwa perut yang kosong tidak akan terkena gangguan pencernaan, namun nyatanya banyak orang yang memiliki asam lambung merasa tidak nyaman saat berpuasa. Hal  ini yang menjadikan mengapa puasa dapat memperburuk asam lambung.

Saat berpuasa, meski perut dalam keadaan kosong, mereka masih memproduksi asam lambung. Justru karena perut kosong itu yang membuat asam menumpuk, sehingga cairan asam mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan asam lambung naik. Lalu bagaimana menjalankan puasa bagi penderita asam lambung?

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?