Tampang

BMKG, Kemungkinan Terjadi Hujan Es di 3 Wilayah Sumsel Akhir Oktober

15 Okt 2024 16:38 wib. 38
0 0
BMKG, Kemungkinan Terjadi Hujan Es di 3 Wilayah Sumsel Akhir Oktober
Sumber foto: Google

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi tiga wilayah di Sumatra Selatan akan mengalami fenomena alam hujan es pada akhir Oktober 2024. Diperkirakan hujan es akan terjadi di Pagaralam, Lahat, dan Empat Lawang. Fenomena hujan es ini diprediksi terjadi sebagai akibat dari cuaca penghujan yang dipengaruhi oleh belokan dan konvergensi di sekitar wilayah tersebut.

BMKG telah memantau dan menganalisis perkembangan cuaca di wilayah tersebut menggunakan berbagai sumber data dan alat yang mereka miliki. Berdasarkan analisis tersebut, BMKG menyatakan bahwa kondisi atmosfer di sekitar Pagaralam, Lahat, dan Empat Lawang cenderung menuju pembentukan hujan es. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya sistem belokan dan konvergensi yang dapat memicu terbentuknya awan hujan es.

Hujan es merupakan fenomena alam yang cukup langka di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah seperti Sumatra Selatan. Oleh karena itu, potensi terjadinya hujan es menjadi perhatian serius bagi masyarakat maupun pihak terkait dalam mengantisipasi dampaknya. BMKG juga telah memberikan peringatan dini kepada masyarakat di tiga wilayah tersebut untuk mempersiapkan langkah-langkah mitigasi dan pengamanan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.