Tampang

Piramida Giza: Monumen Misterius dan Peninggalan Peradaban Mesir Kuno

16 Jul 2024 12:23 wib. 204
0 0
Piramida Giza
Sumber foto: hhtourandtravel.com

Piramida Giza atau disebut juga Piramida keajaiban adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia kuno yang masih bertahan hingga saat ini. Piramida ini merupakan simbol keagungan dan kebesaran dari masa lalu peradaban Mesir Kuno yang penuh misteri. Piramida Giza terletak di tepi barat Sungai Nil, dekat dengan kota Cairo, Mesir. Struktur megah ini telah menarik perhatian para ahli arkeologi, peneliti, dan turis selama bertahun-tahun.

Piramida Giza terdiri dari tiga piramida utama: Menara (yang dibangun untuk Pharaoh Khufu), Khafre, dan Menkaure. Piramida Khufu, yang juga dikenal sebagai Piramida Besar, diyakini dibangun selama hampir 20 tahun dengan menggunakan jutaan blok batu. Piramida ini adalah yang tertua dan terbesar di antara ketiganya, dan masih menjadi salah satu struktur batu terbesar di dunia. Selain piramida, kompleks Giza juga mencakup Sphynx yang menghadap matahari terbit.

Satu hal yang membuat Piramida Giza sangat menarik adalah teknik konstruksi yang digunakan oleh peradaban Mesir Kuno. Meskipun belum dilakukan penelitian yang pasti terkait teknik konstruksi piramida ini, para arkeolog meyakini bahwa pembangunan piramida merupakan pencapaian teknik dan matematika yang luar biasa. Dengan sumber daya yang terbatas dan teknologi yang belum diketahui sebagai yang kita miliki hari ini, bangsa Mesir Kuno mampu membangun struktur yang sangat presisi dan tahan lama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.