Tampang

Kampung Adat Lape Aceh: Pesona Budaya dan Sejarah yang Tersembunyi

25 Jul 2024 09:09 wib. 87
0 0
Kampung Adat Lape Aceh: Pesona Budaya dan Sejarah yang Tersembunyi
Sumber foto: Google

Kampung Adat Lape adalah sebuah kampung adat yang terletak di pedalaman Aceh Besar, tepatnya di Kecamatan Lhoong. Kampung ini menyimpan pesona budaya dan sejarah yang tersembunyi, menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi pencinta tradisi dan sejarah.

Sejarah dan Keunikan

   Kampung Adat Lape diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-14. Masyarakatnya merupakan suku Aceh yang masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi leluhur. Keunikan kampung ini terletak pada rumah-rumah adatnya yang masih berdiri kokoh.

Rumah-rumah adat tersebut terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Bentuknya panggung dengan tinggi sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah. Rumah-rumah tersebut tersusun rapi membentuk lorong-lorong sempit yang menjadi jalan utama kampung.

Kearifan Lokal

   Masyarakat Kampung Adat Lape sangat menjunjung tinggi kearifan lokal. Mereka hidup bergantung pada alam dan melestarikan tradisi turun-temurun. Salah satu tradisi unik yang masih dijaga adalah "adat seumeubeut", yaitu tradisi musyawarah untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan bersama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?