Tampang

Menikmati Keindahan Pulau Belitung dengan Jabejabe Amazing Holiday

14 Mei 2019 12:18 wib. 2.370
0 0
Menikmati Keindahan Pulau Belitung dengan Jabejabe Amazing Holiday

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Belitung? Pulau yang indah dengan sejuta pesona yang begitu menakjubkan dan memiliki sebutan sebagai Negeri Laskar pelangi. Keindahan pulau Belitung sudah tidak diragukan lagi terutama pada keindahan pantainya yang mempunyai ciri khas tersendiri karena tidak ditemukan di tempat lain. Hal inilah yang membuat pulau Belitung menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pantai di pulau Belitung dihiasi dengan batu-batuan yang besar serta beragam fenomena geologi dan keragaman hayati juga keragaman budaya yang membuatnya menjadi salah satu Geopark Nasional.

Geopark yaitu sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi serta meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk pada nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari Geological Park yang memiliki arti sebagai Taman Geologi atau taman bumi. Tujuan awal dari Geopark itu sendiri yaitu untuk melindungi warisan geologi yang berada di negara-negara Eropa oleh organisasi non pemerintah yang bernama EGN atau Europe Geopark Network pada tahun 2001.

Keberadaan Geopark ini kemudian dikembangkan dan difasilitasi oleh badan dunia UNESCO dengan membentuk organisasi GGN atau Global Geopark Network pada tahun 2004 agar dapat menampung lebih banyak lagi anggota dari negara-negara yang ada di dunia. Setelahnya tujuan dari Geopark ini dikembangkan lagi, tidak hanya sekedar melindungi warisan geologi tetapi juga menggali, mengambil manfaat, menghargai dan mengembangkan warisan geologitersebut seperti halnya Pelestarian Bioma. Keindahan Geopark Nasional Pulau Belitung memiliki potensi yang dapat mengahntarkan Belitung menjadi global Geopark UNESCO. Dan saat ini, Belitung tengah dipersiapkan untuk menjadi kawasan wisata Geopark yang berskala internasional yang diakui oleh UNESCO.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cal Crutchlow : "Ia adalah Roket Gila"
0 Suka, 0 Komentar, 21 Feb 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?