Tampang

Kebun Raya Baturaden, Wana Wisata yang Sejuk di Lereng Gunung Slamet

28 Jun 2018 16:43 wib. 4.855
0 0
Kebun Raya Baturaden, Wana Wisata yang Sejuk di Lereng Gunung Slamet

Dengan luas lahan 143,5 hektare, Kebun Raya Baturaden sebenarnya sangat berpotensi menjadi kebun raya dengan koleksi terlengkap, karena letaknya di lereng Gunung Slamet yang kaya akan flora pegunungan. Namun, saat ini baru 11,5% lahan yang dimanfaatkan dan menyimpan koleksi tumbuhan sebanyak 2.637 jenis.

Kebun Raya Baturaden memiliki koleksi 116 suku, 396 marga, 571 spesies, 2.637 spesimen. Jumlah tersebut, dimungkinkan terus bertambah untuk melengkapi koleksi tanaman dan tumbuhan dari pegunungan di Pulau Jawa.

Kebun Raya Baturaden dilengkapi dengan rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah pembibitan, taman paku, taman tematik, taman obat, dan lain-lain. Kebun Raya Baturaden juga siap menjadi sarana belajar bagi para siswa. Bahkan pengelola sudah melakukan promosi ke sekolah-sekolah sejak dua bulan sebelumnya dan ke depan akan dijalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan di tiap kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturaden mempunyai potensi sebagai kebun raya terbesar di Indonesia. Selain lokasinya strategis, kebun raya itu memiliki lahan luas sehingga mampu menampung lebih banyak tanaman langka. Kebun raya ini sangat tepat sebagai sarana belajar tentang keanekaragaman flora.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?