Tampang

Bandung: Kota Kembang dengan Jejak Perjuangan Kemerdekaan

24 Jun 2024 11:38 wib. 130
0 0
Bandung
Sumber foto: Pinterest

Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, dikenal dengan sebutan "Kota Kembang" karena keindahan alamnya yang memikat dan keberagaman budayanya yang kaya. Namun, tak hanya itu, kota ini juga memiliki jejak perjuangan kemerdekaan yang patut untuk diungkap.

Sebagai salah satu kota yang memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Bandung menyimpan banyak warisan sejarah yang menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang bangsa ini menuju kemerdekaan. Salah satu bukti yang masih lestari hingga kini adalah Gedung Merdeka, tempat di mana terbentuknya Persatuan Perjuangan Indonesia (PPI) pada tahun 1927 yang kemudian berubah menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI). Gedung Merdeka ini menjadi saksi sejarah penting dalam perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk menyatukan semangat nasionalisme dalam rangka mencapai kemerdekaan Indonesia.

Selain Gedung Merdeka, Bandung juga memiliki Markas Besar Tentara Pusat (MBTP) yang pernah dijadikan markas besar perlawanan rakyat Jawa Barat dan Jawa Tengah serta menjadi pusat pergerakan kemerdekaan. Berbagai pertempuran penting terjadi di kota ini yang menandai semangat juang yang tinggi dari para pejuang kemerdekaan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.