Tampang

Startup Pendidikan Byju: Dulu Nilainya Rp 340 T, Kini Tak Bernilai

19 Okt 2024 08:27 wib. 47
0 0
Startup Pendidikan Byju: Dulu Nilainya Rp 340 T, Kini Tak Bernilai
Sumber foto: storystartup.com

Dalam konferensi virtual berdurasi 2,5 jam, Raveendran juga menyalahkan tiga investor utama Byju atas kegagalan startup tersebut, yaitu XV Ventures, Prosus, dan Chan Zuckerberg Initiative. Ia mengungkapkan bahwa ketiganya telah membuat Byju kesulitan dalam mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan.

Raveendran juga mengklaim bahwa beberapa investor, termasuk Prosus, tidak melakukan investasi sepeser pun dalam 4-5 tahun terakhir. Ia berjanji untuk kembali ke India dan mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaannya, serta mengembalikan semua uang kepada para krediturnya.

Selain itu, HSBC juga menyatakan bahwa harga saham Byju nyaris tak memiliki nilai. Dalam risetnya, HSBC menilai kepemilikan Prosus atas 10% saham Byju sudah tak layak untuk diperhitungkan.

Akar masalah dari kejatuhan Byju sebagian besar disebabkan oleh kegagalan perusahaan dalam mengelola dana yang telah mereka galang sebelumnya. Diketahui bahwa Byju telah menggalang dana lebih dari US$5 miliar (Rp 78,89 triliun) dari investor-investor terkemuka, namun penggunaan dana tersebut tidak efektif dan tidak terkelola dengan baik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.