Tampang

Tapir Brazil: Penjaga Hutan Amerika Selatan

3 Jun 2024 17:34 wib. 45
0 0
tapir
Sumber foto: Pinterest

Tapir Brazil, atau yang lebih dikenal sebagai tapir Amerika Selatan, adalah hewan yang memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan hujan di Amerika Selatan. Dengan ciri khasnya yang unik, tapir Brazil menjadi simbol penting dalam perlindungan lingkungan alam di benua Amerika Selatan.

Tapir Brazil (Tapirus terrestris) merupakan spesies tapir terbesar ketiga di dunia setelah tapir Baird dan tapir Malayan. Hewan herbivora ini memiliki tubuh besar yang dilapisi oleh bulu berwarna gelap, dan ciri khasnya yang paling mencolok adalah rahang bawahnya yang menonjol, tampak seperti belalai. Tapir Brazil hidup di hutan hujan, rawa-rawa, daerah berawa, serta padang rumput di berbagai wilayah Amerika Selatan seperti Brasil, Argentina, Paraguay, dan sebagian kecil di Bolivia.

Peran utama tapir Brazil dalam menjaga hutan Amerika Selatan bisa dilihat dari kebiasaannya sebagai pemakan buah-buahan dan biji-bijian. Tapir Brazil berperan sebagai agen penyebar biji tanaman yang dikonsumsinya. Setelah mengonsumsi buah-buahan, tapir Brazil akan mencerna biji-bijian tanaman tersebut dan mengeluarkannya di tempat lain melalui fesesnya. Sehingga, tanaman-tanaman hutan hujan dapat beregenerasi dengan baik dan menjaga keseimbangan ekosistem hutan.

Selain menjadi penyebar biji tanaman, tapir Brazil juga mempunyai peran sebagai pembuka jalan di hutan. Dengan tubuhnya yang besar dan cenderung gemuk, tapir Brazil mampu menembus tirai vegetasi dalam hutan hujan. Mereka mencari makan dengan menjalar di antara pepohonan serta merambah semak-semak, membuat jalur-jalur di hutan dan memungkinkan spesies lain untuk mengikuti jejak mereka. Dalam proses ini, tapir Brazil membantu dalam proses penyebaran benih tanaman dalam hutan, dan juga mempercepat pertumbuhan vegetasi di beberapa area hutan yang telah mereka telusuri.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%